Bisnis Rumahan

6 Pilihan Bisnis Rumahan Online, Cocok untuk Para Ibu Rumah Tangga

Sebagian besar ibu rumah tangga menginginkan penghasilan sendiri. Anda pasti ingin tidak terlalu memberatkan suami dalam mencari nafkah. Solusinya sangat mudah, yaitu dengan memulai bisnis rumahan online.

Jadi Anda tidak perlu keluar rumah untuk berpenghasilan. Cukup di rumah saja dan menjalan bisnis dari smartphone atau laptop sambil merawat anak. Maka uang akan berdatangan jika dilakukan dengan konsisten.

Berikut adalah beberapa pilihan bisnis rumahan online yang bisa Anda pilih sebagai seorang ibu rumah tangga:

6 Pilihan Bisnis Rumahan Online

Bisnis Rumahan
source: www.adweek.com

Blogger

Bisnis satu ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga. Hal ini karena menjadi blogger hanya membutuhkan smartphone atau laptop untuk memposting konten serta mengatur tema dari blog tersebut.

Bagaimana menjadi blogger bisa mendapatkan uang? Tentunya sangat mudah, dengan adanya google adsense. Anda bisa menaruh iklan dari adsense di blog atau website, kemudian jika ada yang mengklik iklan tersebut, maka Anda akan mendapatkan uang.

Untuk memulai bisnis satu ini, hal yang Anda butuhkan pertama kali adalah website atau blog. Setelah itu tentukan konsep atau konten apa yang akan dimuat di sana. Kemudian mulailah rajin untuk memposting. Lakukanlah dengan konsisten setiap hari atau minggunya. Anda bahkan bisa menyewa jasa penulis jika terlalu sibuk untuk memuat tulisan sendiri.

Reseller atau Dropshipper Online Shop

Jika Anda kesulitan untuk memulai bisnis sebagai seorang blogger, maka Anda dapat mencoba menjadi reseller atau dropshipper dari suatu online shop. Seorang ibu rumah tangga tentunya memiliki relasi “ibu-ibu” lainnya, sehingga ini bisa Anda manfaatkan.

Anda bisa melihat kiranya barang apa saja yang laku di lingkungan sekitar Anda. Sebagai ibu rumah tangga, biasanya yang paling diminati adalah peralatan masak, dress, daster, kerudung, peralatan sholat, akseseori wanita, serta masih banyak lainnya.

Anda dapat menerapkan sistem reseller atau dropshipper. Sistem reseller mengharuskan Anda untuk memesan beberapa barang terlebih dahulu sebelum memasarkan kepada konsumen. Tapi beberapa supplier mengharuskan batas minimal agar bisa menjadi resellernya.

Jika tidak ingin ribet, Anda bisa menggunakan sistem dropshipper. Dimana barang tersebut akan diantarkan langsung kepada konsumen tanpa melalui Anda. Tapi pastikan mengetahui kualitas barangnya atau pernah membelinya terlebih dahulu agar konsumen tidak kecewa.

Freelance Penulis

Bisnis rumahan online satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis. Saat ini banyak sekali tersedia lowongan untuk menjadi seorang freelance menulis. Anda dapat mencarinya di berbagai website jasa penulisan atau bahkan di sosial media, seperti facebook.

Freelance penulis yang mudah dan banyak dicari orang adalah menjadi ghost writer. Dimana Anda akan menuliskan artikel sesuai dengan kebutuhan website atau blog orang, kemudian mereka akan memuatnya dengan atas nama website mereka. Setelah itu, Anda akan mendapatkan bayaran.

Saat ini, banyak sekali yang mencari jasa ghost writer. Hal ini karena konten secara online lebih dicari orang dan ampuh untuk promosi daripada offline. Sehingga banyak pula yang memiliki website. Namun tidak semua dari mereka bisa meluangkan waktunya untuk menulis artikel, maka bisa menyewa jasa penulis untuk melakukannya.

Baca juga: Ini Dia Tafsiran Mengenai Mimpi Tentang Tempat yang Berbeda-beda

Admin Sosial Media

Semakin majunya zaman, semakin banyak pula pengguna sosial media. Hal ini mendorong para pelaku bisnis untuk terjun dalam dunia digital, termasuk sosmed. Pastinya mereka tidak bisa mengurusnya sendiri, jadi tentunya membutuhkan seorang admin untuk mengelolahnya.

Jadi Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi admin sosial media. Tugasnya yaitu dengan membuat konten, menaikkan pengikut, serta meningkatkan branding dari akun tersebut. Terdengar mudah, namun ternyata cukup sulit juga. Namun bayarannya juga cukup tinggi.

Bahkan pekerjaan admin sosial media ini tidak hanya bisa dilakukan full time, tapi bisa pula freelance. Jadi sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang mengurus anak di rumah.

Bisnis Konveksi Baju Seragam

Bisnis rumahan online lainnya yang bisa Anda coba yaitu konveksi baju seragam. Tidak hanya berkembang di offline, saat ini dunia konveksi juga berkembang di ranah online untuk menarik lebih banyak konsumen. 

Salah satunya yaitu konveksi.co. Selain memiliki kantor offline, mereka juga memiliki website resmi dimana para pelanggan dapat mengetahui kualitas produknya yang terbaik serta pelayanannya yang maksimal.